Jumat, 26 Maret 2010

kue untuk dita

minggu lalu si kecil genap berusia 4 tahun. alhamdulillah dita sehat dan saya bisa menepati janji membuat kue untuknya. kuenya sendiri tidak besar, layaknya kue ulang tahun. tidak juga terlalu kecil sehingga hanya bisa dikudap sendiri.
sebelum hari membuat tiba, saya sudah wara wari ke TBK. apalagi kalau bukan mencari perlengkapan dan bahan kue-nya. rencananya mau bikin kue cokelat yang dihias sederhana. karena masih amatir, untuk menghias kue saya nyontek dari beberapa buku kue. dari sekian banyak pilihan, akhirnya diputuskan untuk menutup permukaan kue dengan ganache. hehehehehe. alasannya, buatnya tidak susah.
nah, pagi setelah menyiapkan segala sesuatu dan sang kakak berangkat, mulailah membuat adonan. sebenarnya tidak terlalu sulit, yang repot justru serbuan dari teman-teman dita yang langsung merubung. agak ngeri karena mereka masih kecil dan belum tahu bahaya.
sempat juga berteriak karena tiba-tiba telur yang ditaruh di atas meja makan, diangkat sama dita. katanya mau dimasukkan ke kulkas. duh...untungnya nggak ada yang pecah.
untungnya serbuan teman-teman dita tidak lama, mereka langsung pergi setelah mendengar odong-odong. hehehehe terselamatkan oleh odong-odong.
selesai mengaduk langsung di bakar karena oven sudah siap. sambil menunggu kue matang, siapin ganache. dibuat dari milk chocolate block dan whippe cream. setelah dingin disimpan dulu dalam kulkas. setelah itu bikin hiasan dari cokelat warna-warni, bentuknya kupu-kupu, bunga, dan tulisan Dita. setelah itu bikin butter cream sedikit. untuk menempelkan hiasan ke kuenya.
selesai persiapan menghias, kue pun matang. angkat dan dinginkan deh. hehehehe
setelah dingin, kue di potong dua secara horisontal. beri palleta bluebery. tumpuk lagi baru disiram ganache. masukkin lagi ke kulkas sampai beku. baru hias dengan butter cream, kupu-kupu, bunga dan tulisan. nggak ketinggalan lilin. karena memang itu yang diinginkan, tiup lilin.

Tidak ada komentar: